Menjelahi “Kampung” Eropa di Kota Surabaya

Halo temen-temen, rasanya baru kemarin weekend eh sekarang sudah minggu sore nih. Cepet banget nggak sih? Hahaha. Padahal setelah minggu, muncul hari senin. Kembali ke aktivitas sehari-hari. Ada yang kerja, kerja, kuliah, travel dan lain sebagainya. Ya sudah deh, hilangkan dulu sejenak tentang rutinitas esok hari. Mimin mau share mengenai gedung-gedung tua yang bersejarah di Surabaya, khususnya dengan arsitektur bangsa Eropa. Yuk cekitdot !

dsc_0802-1

Gedung Eks De Javasche Bank. Gedung tua yang dibangun pada tahun 1920 milik perusahaan Borsumij, dimana perusahaan tersebut merupakan the Big Five dari perusahaan Belanda. Saat ini aktif sebagai kantor BNI dan digunakan sebagai gudang.  Lokasi : Jalan Rajawali No. 10 Surabaya.

 

dsc_0863-1

Gedung Eks Geo Wehry & Co. Perusahaan itu bergerak di bidang perkebunan. Gedung yang sekarang dikenal sebagai Hotel Ibis dibangun pada tahun 1912. Lokasi : Jalan Rajawali No. 9 Surabaya.

 

dsc_0867-1

Gedung Cerutu. Gedung yang dibangun pada tahun 1916 dulu adalah kantor Bank Bumi Daya. Lokasinya bersebelahan dengan Hotel Ibis di atas.

 

dsc_0872-1

Jembatan Merah. Jembatan yang dibangun pada tahun 1743 merupakan jembatan penghubung antara Kalimas dan gedung pemerintahan di Surabaya. Jembatan ini merupakan saksi bisu perjuangan heroik dalam melawan Sekutu. Lokasi : jembatan penghubung Jalan Rajawali dengan kawasan Kembang Jepun.

 

dsc_0880-1

Gedung Singa. Dibangun pada tahun 1901 sebagai kantor Algemeene Maatschappij van Levensverzekering en Lijfrete (asuransi jiwa) yang terbesar di Belanda. Lokasi : Jalan Jembatan Merah No. 19 -23 Surabaya.

 

dsc_0882-1

Gedung PTPN X. Gedung yang dibangun pada tahun 1927 adalah gedung Koloniale Bank, yang bergerak dalam pemberian modal usaha terutama di industri dan pekerbunan di Hindia Belanda. Lokasi : Jalan Jembatan Merah No 4-9 Surabaya.

 

dsc_0884-1

Gedung eks Nederlands Spaarbank atau bank tabungan umum dibangun pada tahun 1833. Saat ini masih digunakan untuk kantor Maybank. Berlokasi di Jalan Jembatan Merah No. 3 Surabaya.

 

dsc_0887-1

Gedung eks komplek tentara militer KNIL dibagun pada tahun 1828, kemudian digunakan juga sebagai Hoofdbureau van Politie te Soerabaia. Dab sekarang digunakan sebagai kantor Polrestabes Surabaya. Lokasi : Jalan Taman Sikatan Surabaya.

 

dsc_0896-1

Penjara Kalisosok, dibagun pada tahun 1750. Perlu diketahui bahwa beberapa tokoh pergerakan kemerdekaan pernah dipenjara di sini, yaitu Soekarno dan Kiai Haji Mas Mansur. Lokasi : Jalan Kasuari No.7 Surabaya.

 

dsc_0898_1-1

Makam Peneleh. Makam yang dibangun pada tahun 1814 oleh pemerintah kolonial Belanda merupakan pemakaman modern yag memiliki tata letak yang sangat rapi. Lokasi : Jalan Makam Peneleh, Surabaya.

 

dsc_0934-1

Kantor Pos Besar Surabaya. Gedung yang dulunya merupakan tempat tinggal bagi Bupati Surabaya dibagun pada tahun awal 1800-an. Pernah juga digunakan untuk sekolah bangsa Eropa, Hogere Burger School. Saat ini digunakan sebagai gedung Kantor Pos. Berlokasi di Jalan Kebon Rojo No.10 Surabaya.

 

dsc_0937-1

Gedung Lindeteves. Dibangun pada tahun 1913 untuk gudang peralatan perang Jepang. Gedung cantik ini sekarang dipakai oleh Bank Mandiri. Berlokasi di Perempatan Jalan Kebon Rojo – Jalan Pahlawan.

Sebenarnya masih banyak lagi gedung dan tempat bersejarah di Surabaya, namun mimin tidak dapat menampilkannya semua. Sebagai bonus :

dsc_0895-1

 

dsc_0889-1

 

dsc_0881_1-1

 

dsc_0877-1

 

dsc_0871-1

 

dsc_0869-1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s