Mbolang ke Bromo

Holaaaa, kabar gimana? Baik kan? Semoga suasana ceria pada weekend ini jangan cepat berubah ya temen-temen, meskipun besok udah hari Senin lagi πŸ˜€

Kemarin kan udah update tentang OOTD nih, sekarang kita akan menceritakan keseruan ngilang eh mbolang ke tempat yang seger-seger karena tau sendiri dong, kalo Surabaya itu panasnya minta ampun, apalagi kalau musim kemarau, beuh sampai 34 Celcius -_-

img_20160731_062642_hdr

Pemandangan yg bikin pikiran jadi fresh lagi πŸ˜€

Travel kali ini di support oleh temen saya yaitu Maful (ig @maful_suranto) sebagai official supplayer bbm pertamax :v ahahaha. Perjalanan ke TNBTS atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang sudah direncanakan sebaik-baiknya dalam tempo sesingkat-singkatnya, lho? Yup, emang bener kok, bukan tanpa alasan, niat main ke Bromo dengan tujuan ingin liat gugus bintang Bima Sakti, sebutan jawanya sih Milkyway.

Jarak Surabaya Bromo sekitar 220 KM buat pp via Pasuruan yang paling deket rutenya, dan lumayan menguras tenaga lho. Nah kendaraan harus siap juga nih, terutama kondisi oliΒ  mesin & rantai jangan sampai kendur. Soalnya kendaraan akan kerja sangat berat ketika melahap tanjakan curam versi pegunungan πŸ™‚

selection_001

Pilihan jalur Surabaya-Bromo

Bagi yang belum tahu, waktu paling baik untuk lihat Milkyway adalah waktu musim kemarau dan waktu tanggal muda. Biasanya itu bulan Juli – September saat bulan baru, kenapa? Kadang kala kalo explore waktu bulan purnama, cahaya dari Milkyway kalah terang dari pantulan sinar dari bulan jadi kurang bersih gitu.

Nih selanjurnya kuceritain lewat foto [segaja upload banyak] biar temen-temen baper pengen kesana πŸ˜›

img_20160730_170555

Mampir buat isoma sejenak setelah menempuh perjalanan Surabaya – Pasuruan. Sejuk banget disini, ngabut! Tuh backgroud jadi buktinya.

 

img_20160730_233440

Posisi sampai di pintu masuk Bromo (Wonokitri)sekitar pukul 21.00 WIB. Si Maful kasian bener, kedinginan + ngantuk berat. Sampai-sampai jaket hujan dipakai buat merangkap pakaian, bbbrrrr.

 

dsc_0030-1

Karena ternyata kami tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan hingga dini hari nanti karena regulasi. Sekitar pukul 22.00, kami manfaatkan berfoto ria. Btw narsis dikit yaa, hehehe.

 

dsc_0017-1

Foto Milkyway paling bersih yang pernah saya dapatkan, tanpa cahaya bulan dan awan. Terimakasih atas pinjaman kameranya (Syah ig @tiangsaeh) πŸ™‚

 

dsc_0027

Di bawah garis Bimasakti.

 

dsc_0042

Gazebo di titik tertinggi top view, Penanjakan 1. Mantaaaap.

 

 

 

dsc_0049

Bintang mana yang kau pilih? πŸ™‚

 

dsc_0041

Ekor dari Milkyway masih tampak meski sudah samar.

 

dsc_0036

Ke arah timur, sekitar pukul 03.00 mulai nampak cahaya fajar.

 

img_20160731_050806_hdr

Sekitar pukul 04.00, perlahan cahaya sunrise nampak, sangat indah sekali.

 

img_20160731_052528

Sumpah, sunrise di pegunungan emang greget!

 

img_20160731_053315

Meskipun berada di pegunungan, sinyal masih kuat, beberapa bts ada di Penanjakan 1.

 

img_20160731_052705

Saking epic nya, ratusan manusia berkumpul untuk melihat sunrise dan pengunungan Bromo.

 

img_20160731_054612_hdr

Selfi dulu berlatar gunung Batok. Ntaps.

 

img_20160731_054426_hdr

Barisan depan isinya bule luar negeri semua, suangaaar.

 

img_20160731_055818_hdr

Mantap jiwa, alhamdulillah.

 

img_20160731_063146_hdr

Turun ke bawah dikit, yang terlihat Bromo, Batok, dan lautan pasir berkabut. Sayang Semeru tidak terlihat. But is okay, still epic view.

 

img_20160731_063357

Ndak jauh dari tempat foto di atas, ada yang foto prewedding, aishhhh.

 

img_20160731_062849

Shadow, Flare and Shine.

 

img_20160731_072745

Sekitar pukul 7.00, kami memutuskan untuk turun dari Penanjakan 1. Btw ini pas melewati lautan pasir, selfi ah. Cekrek!

 

img_20160731_073432

Kumpulan jip dan penyewa kuda.

 

img_20160731_074045_hdr

Pura dan gunung Bromo yang masih aktif.

 

img_20160731_073457_hdr

Gunung Bromo bersebelahan dengan Gunung Batok.

 

img_20160731_081819_hdr

Untuk pulang, kami ambil rute ke Malang, lewat sini kita bisa lihat bikit teletubies, cantik!

 

img_20160731_081449_hdr

Jalur ini tergolong sepi karena medan jalan sangat berat, sehingga paling sering dilewati jip atau motor cross. Namun bukan berarti motor standar tidak bisa melibas πŸ™‚

 

img_20160731_080708_hdr

Tolong tetap waspada dan hati-hati ya kalo main ke sini, beberapa kali saya lihat anjing liar dan kabut yang tebal. Takutnya bisa kesasar..

 

img_20160731_081239_hdr

Kuda besi yang kotor mledug banget dan boncenger yang belum mandi πŸ˜€

 

img_20160731_081604_hdr

Multilayer, seolah benteng. Epic !

 

img_20160731_081323_hdr

Tetaplah jaga kelestarian alam, pesan embun pagi πŸ™‚

Ya ya ya merasa baper pengen ke Bromo?Β  Stay di bikinbaperblog buat jalan-jalan selanjutnya πŸ˜€

Kamera :

Nikon D3100 & Kit Lens (thanks Syahruddin)

Xiaomi Redmi 1S

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s